Kamis, 12 Juni 2014

KEDUBES AS KUNJUNGI PAPUA DAN PAPUA BARAT

KEDUBES AS KUNJUNGI PAPUA DAN PAPUA BARAT

    Duta Besar 
(Dubes) AS untuk Indonesia, Robert Blake (Vivanews/Santi Dewi)
    Duta Besar (Dubes) AS untuk Indonesia, Robert Blake (Vivanews/Santi Dewi)
    Jayapura, 10/6 (Jubi) – Setelah melakukan kunjungan ke Provinsi Papua Barat, Duta Besar (Dubes) Amerika Serikat (AS) untuk Indonesia, Robert Blake beserta rombongan, hari ini, Selasa (10/6) berkunjung ke Provinsi Papua.
    Dari informasi yang dihimpun , kunjungan kerja Dubes Amerika Serikat kali ini ke ujung timur Indonesia bermaksud menemui pejabat pemerintah, tokoh-tokoh masyarakat, dan sejumlah alumni program pertukaran AS-Indonesia.
    Selain itu juga meninjau program-program yang didanai pemerintah Amerika Serikat, seperti edukasi pengentasan HIV/AIDS, keanekaragaman hayati bahari dan peningkatan pelayanan kesehatan masyarakat.
    Seperti dikutip www.radartimika.com, Dubes didampingi sejumlah staf tiba di Bandara Rendani Manokwari, Senin (9/6) dengan menggunakan pesawat khusus.
    Di Manokwari, Robert Blake melakukan pertemuan dengan sejumlah pihak, diantaranya ketua dan anggota MRP PB, Gubernur Papua Barat, tokoh agama Pdt M.L.Wanma serta berkunjung ke kampus Unipa (Universitas Negeri Papua) dan diterima Rektor Dr Suriel Mofu.
    Selanjutnya Robert Blake bersama Direktur misi United State Agency International Development (USAID) Indonesia Dr. Derick Brown beserta rombongan melanjutkan kunjungannya ke Provinsi Papua, dimana pagi tadi sekitar pukul 09.00 wit telah tiba di bandara Sentani, Kabupaten Jayapura dan menyempatkan diri berkunjung ke Puskesmas Dosay, Distrik Sentani Barat, Kabupaten Jayapura.
    Di sana, rombongan pejabat negara adikuasa itu meninjau sejumlah ruangan, di antaranya ruang Laboraturium, ruang KIA, dan ruang VCT.
    Blake mengaku senang berkunjung ke sejumlah tempat di Papua, selain itu  ia juga kagum akan keindahan alam Papua dan Papua Barat. “Saya senang bisa berada di Puskesmas Dosay. Ini adalah salah satu Puskesmas yang mendapat hubungan dari Program Kinerja yang berada di bawah USAID Indonesia,” kata Robert, Selasa (10/6).
    Diakuinya jika selama ini Pemerintah Amerika Serikat melalui program kinerja dibawah USAID Indonesia telah menggelontorkan jutaan dolar untuk sejumlah program kesejhatan ibu dan anak, penanggulangan HIV/AIDS dan  Tubercolosis (TBC).
    Kita secara total berikan bantuan delapan juta dolar Amerika untuk empat kabupaten di Papua yakni Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Jayawijaya dan Kabupaten Mimika,” ujar Blake.
    Menurutnya, tujuan pemberian bantuan itu untuk meningkatkan administrasi lokal, sehingga mereka bisa meningkatkan tata kelola dan administrasi mereka yang pada akhirnya bisa meningkatkan kesehatan ibu dan anak, HIV/AIDS serta TBC.
    Jadi kita juga banyak program kesehatan yang akan dilakukan di Papua. Jadi kita juga sudah bekerjasama dengan UNICEF untuk berikan kelambu kepada seluruh masyarakat Papua dan diharapkan ini akan menurunkan penyakit malaria. Kita juga bekerjasama dengan sejumlah kabupaten/kota di Papua guna memerangi HIV/AIDS,” katanya.
    Diungkapkan Blake, tingkat penyebaran HIV/AIDS di Papua cukup memprihatinkan, dengan tingkat penyebaran HIV tertinggi di Indonesia dengan estimasi prevelansinya 2,3 persen dari totalnya. “Dan angka ini semakin tinggi di antara pekerja seks komersial, pekerja ojek dan pekerja di pelabuhan. Kita juga bekerjasama dengan mitra lokal dan LSM-LSM serta UNICEF untuk sosialisasi dan ajaran mengenai HIV/AIDS,” ujarnya.
    Setelah meninjau langsung Puskesmas Dosay, selanjutnya Dubes AS ini akan bertemu Gubernur Papua dan beberapa agenda lainnya.
    Berikut agenda Dubes AS beserta rombongan akan mengunjungi kantor DPRD Provinsi Papua dan MRP, sekitar pukul 14.00 WIT berkunjung ke Kantor Gubernur Papua, dilanjutkan ke Makodam XVII Cenderawasih. Lalu, terakhir akan dijamu makan malam di kediaman Kapolda Papu. Terus, pada Rabu (11/6) pagi, Dubes AS beserta rombongan akan terbang ke Wamena, Kabupaten Jayawijaya. (Jubi/Indrayadi TH)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar