Senin, 21 April 2014

IPMAPA Bogor Demo Depan IPB Protes Foto yang Lecehkan Budaya Papua


Ikatan Mahasiswa Papua menggelar aksi damai untuk memprotes keberadaan foto bertendensi SARA yang diunggah mahasiswa IPB. Foto: Okezone.

Bogor, MAJALAH SELANGKAH -- Puluhan anggota Ikatan Pelajar dan Mahasiswa Papua (IPMAPA) Bogor melakukan long march di lingkungan kampus IPB di Darmaga, Bogor, hari ini, Senin (21/4).

Mereka turun jalan memprotes tersebarnya foto berbau SARA di situs jejaring Facebook.

Foto tersebut diunggah mahasiswa Fakultas Kehutanan IPB bernama Rachmad Suprianggono menggunakan nama akun Facebook Alex Fahutan.

Foto itu menggambarkan seorang tua asli Papua mengenakan koteka tengah memasukan surat suara ke dalam kotak suara, disertai kalimat: "Ingat saya sudah coblos ko, nanti klo papua tra maju, ko pung mata saya coblos pake koteka."

IPMAPA melihat kalimat pada foto tersebut sebagai sebuah penghinaan, apalagi bila dijadikan sebagai alat untuk ditertawakan. IPMAPA Bogor minta kampus ambil sikap atas tindakan yang dibuat Rachmad Suprianggono.

"Tradisi Koteka ini adalah budaya leluhur Papua. Tolong dihargai," tegas Samuel Nawipa, yang memimpin mahasiswa Papua di Bogor turun jalan.

Sang pengunggah foto tersebut memberi alasan, foto itu diupload untuk mengajak mahasiswa lain agar tidak golput

Tidak ada komentar:

Posting Komentar